Ilham Munthe Sukses Menjadi Moderator MoU Antara LPER Sumut dan UHN Medan

author photo



Medan - Moltoday.com : Untuk mendukung optimalisasi BLT UMKM dalam Pemulihan Ekonomi Nasional pada masa pandemi Covid-19 di Sumatera Utara, peran serta dari semua pihak sangat diharapkan. Termasuk menjalin kerjasama (MoU) untuk menggelar pelatihan-pelatihan untuk pelaku UMKM di Sumut.

Hal inilah yang dilakukan oleh Lembaga Pemberdayaan Ekonomi (LPER) Sumatera Utara dengan Universitas HKBP Nomensen (UHN) Medan, di ruang Justin gedung UHN, Jum'at (18/6/2021).

Acara diskusi ini dipandu oleh Ilham Fauzi Munthe selaku Ketua Panitia, turut menghadirkan KPwBI Sumut Ir , Soekowardojo, M.E, Anggota DPRD Sumut H.Dhody Thahir SE,MBA, DR.Naslindo Sirait selaku Ekonomi LPER Sumut, Kepala Bappeda Pemprovsu DR IR Hasmirizal Lubis M.SD, para Rektor, Dosen pengajar UHN maupun para peserta dan undangan yang hadir langsung ataupun mengikutinya secara virtual.

Diawal pembakuan lham Fauzi mengungkapkan maksud dan tujuan acara 'Focus Grup Discusion' ini dilakukan, untuk mengetahui sampai sejauh mana pemulihan ekonomi Sumut dimasa pendemi Covid-19, yang sudah berlangsung selama dua tahun. "Untuk itu, dengan forum diskusi hari ini, yang menghadirkan para nara sumber yang mumpuni dibidang ekonomi, kita bisa mendapatkan informasi yang jelas atas perekonomian masyarakat," katanya.

Pada kesempatan ini, KPwBI Sumut Soekowardojo juga menjelaskan, bahwa pertumbuhan ekonomi di Sumatera Utara ditahun 2021 ini diprediksikan akan mengalami kenaikan yang signifikan. "BI sendiri terus berusaha untuk menjalin kerjasama dengan pihak luar, agar mau menamkan modalnya di Sumatera Utara. Termasuk beberapa waktu yang lalu, dengan pihak pemerintahan Belanda," ucapannya.

Sementara itu, Dhody Thahir mengungkapkan, untuk pemulihan ekonomi di Indonesia, khususnya di Sumatera Utara akan membutuhkan waktu yang panjang. "Ini terlihat tidak ada penambahan pada APBD kita tahun ini. Pendemi Covid-19 ini sudah banyak UMKM di Sumatera Utara yang muncul dan banyak juga yang tutup. Karena daya beli masyarakat lemah," jelasnya.

Oleh sebab itu, sambung Anggota DPRD Sumut ini, untuk menarik minat pihak luar berinvestasi di Sumatera Utara, permudah urusan perizinan dan prosedur lainnya. "Kalau mau ekonomi kita bangkit janganlah seperti raja, maunya dilayani. Tapi, kita harus memberikan pelayanan yang baik agar investor asing datang dan menamkan modalnya di Sumut," harapnya.

Dikesempatan yang sama, Prof.DR. Fransisca Sestri G.SE,.MM selaku Sekjen LPER pusat secara virtual menambahkan, bahwa lembaga LPER ini merupakan suatu lembaga yang dibentuk oleh pada tahun 2015 lalu, dan sudah memiliki 6 cabang di Indonesia.

"Tapi orang-orang didalamnya bekerja secara profesional. Dan punya prinsip, siapapun pemimpin nya kami siap untuk bekerja sama," tuturnya.

Lanjutnya lagi, saat ini dampak penurunan UKM berkisar 84,20 persen hingga saat ini. "Untuk itu, LPER siap menjadi garda terdepan dan akan menjalin kerja sama dengan pihak manapun untuk menumbuh kembangkan pelaku UKM. Suksesnya acara hari ini, tak terlepas peran dari moderator (Ilham-red) yang sudah meramu dengan baik dan apik," pungkasnya.

Diakhir acara, dilakukan penandatanganan kerjasama (MoU) antara LPER Sumut dan UHN Medan dan foto bersama. (A-1Red)

Komentar Anda

Berita Terkini