Selain Meletakkan Batu Pertama Bedah Rumah, Camat Sunggal Sambangi Warga Yang Buta Permanen

author photo


Sunggal Deliserdang - Moltoday.com : Diawali dengan senam pagi bersama, Camat Sunggal Eko Sapriadi S.Sos bersama Dan Ramil 01/Sunggal, Kepala Desa se-Kecamatan Sunggal, BPD, Staf Kecamatan, Siswa KKN UNIMED dan Staf Desa, melakukan peletakkan batu pertama program bedah rumah dan menyambangi warga yang buta permanen (tuna netra) di Jalan Stasiun Gg. MP Dusun I Desa Lalang Kecamatan Sunggal, Deliserdang, Jum'at (13/8/2021).

Dalam kesempatan ini, Kepala Desa Lalang Indrayani Nasution SH, mengatakan, bahwa kegiatan program bedah rumah dari ini untuk mempererat tali silaturahim, antara kepala pemerintahan Desa yang ada di Kecamatan Sunggal.



"Memang dengan adanya bakti sosial seperti ini, sangat dirasakan hubungan kami sesama Kepala Desa terasa lebih akrab. Untuk pelaksananya sendiri digilir setiap Jum'at per satu desa, seperti arisan lah dan hari ini giliran Desa Lalang," kata Indrayani Nasution kepada wartawan.

Kita berharap, sambung Indrayani, kehadiran Camat di setiap kegiatan bedah rumah ini, dapat menjadi penyemangat dan pemicu untuk kita agar bekerja lebih baik lagi.

"Sebab, semua program yang di 'Inisiasi' Camat Sunggal saat ini sudah sangat baik," jelasnya.

Sementara itu, Camat Sunggal Eko Sapriadi dalam paparannya mengungkapkan bahwa kegiatan arisan bedah rumah yang dilakukan oleh tiga pilar di Kecamatan Sunggal sudah sangat baik.

"Kegiatan sosial bedah rumah ini, untuk menindak lanjuti program 'Deli Serdang Membangun'yang dicanangkan oleh Bupati Deli Serdang. Dan bedah rumah ini sumber dananya berasal dari infaq aparatur Kecamatan maupun Desa, yang disisihkan setiap bulannya. Hari ini giliran Desa Sunggal, dan akan terus dilakukan road show pada Jum'at setiap bulannya," terang Eko Sapriadi.

Sehingga, sambung Camat Eko, program arisan bedah rumah dengan dana swadaya ini, nantinya bisa menggantikan rumah warga. Dari rumah tidak layak huni, menjadi  rumah layak huni.

"Kita usahakan dalam satu bulan bisa terbangun minimal satu rumah layak huni. Sehingga dalam satu tahun, akan terbangun dua belas rumah layak huni buat masyarakat miskin di Kecamatan Sunggal," imbuhnya.



Raut bahagia juga terlihat dari Ibu Sri Banun (76) dan ditemani putranya Sofi Rusdan (37) yang tuna netra , warga penerima program bedah rumah. "Alhamdulillah, berkat bantuan dari bapak Camat dan para donatur, rumah kami bisa di perbaiki menjadi lebih baik," ungkapnya dengan mata berkaca-kaca.



Di kesempatan ini Sofi Rusdan yang mengalami kebutaan permanen sejak tahun 2015 kepada Camat Sunggal mengungkapkan secara detail, atas musibah yang dialaminya ini.

"Tidak ada tanda-tanda awal saya mengalami kebutaan. Kejadiannya seperti mimpi. Sebab, disuatu malam sebelum tidur mata saya masih normal. Namun paginnya saat bangun tidur, mata saya sudah tidak dapat melihat," tuturnya.

Di akhir kegiatan, Camat Eko Sapriadi kembali berharap kegiatan sosial program bedah rumah ini bisa berjalan baik dan lancar. Dan kepada Kepala Desa Lalang, Camat Sunggal juga meminta agar mengurus semua administrasi untuk melengkapi pengobatan mata Sofi Rusdan ke rumah sakit.

"Saya yakin, dengan niat tulus dan ikhlas dari kita semua, niscaya kegiatan sosial ini akan di bantu Allah SWT. Diberi rezeki berlimpah, selalu sehat dan dijauhkan dari segala mara bahaya," harapnya.
(A-1Red).

Komentar Anda

Berita Terkini