Dengan Kegiatan Puncak KKI, BI Terus Dorong Produk UMKM Berkualitas

author photo



Jakarta - Moltoday.com: Bank Indonesia berkomitmen mendorong UMKM untuk terus optimis dan dapat bangkit pada masa pandemi Covid-19 ini. Komitmen tersebut diwujudkan dengan diselenggarakannya Puncak Karya Kreatif Indonesia (KKI) tahun 2021, sebagai one stop virtual event yang berkualitas, terstruktur dan terintegrasi.


KKI juga didesain sebagai media penguatan business network dalam kerangka penguatan potensi daerah.


"BI tidak pernah lelah menghadirkan produk UMKM berkualitas yang dapat diakses dari mana saja, kapan saja. Melalui website KKI Ini tentunya, dan didukung oleh sistem pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman dan andal," kata Gubernur BI, Perry Warjiyo dalam Pembukaan Puncak Karya Kreatif Indonesia 2021 digelar secara livestreaming, Kamis (23/09/2021).


Dalam kata sambutannya, Perry Warjiyo menyampaikan, puncak KKI 2021 diikuti 525 UMKM dari seluruh Nusantara, baik dari UMKM binaan Bank Indonesia, Kementerian/Lembaga maupun Pemerintah Daerah.  Pameran juga berlangsung secara virtual yang dapat diakses melalui www.karyakreatifindonesia.co.id dari 23-26 September 2021.


"BI terus berkomitmen untuk memajukan UMKM nasional guna menjadi daya dukung ekonomi Indonesia. Komitmen tersebut diwujudkan melalui peran aktif seluruh Kantor Perwakilan, baik di daerah maupun di luar negeri," ucap Perry Warjiyo.


Ia juga mengungkapkan, dukungan terhadap UMKM dilakukan melalui klasterisasi dan peningkatan kapasitas baik produksi, keuangan hingga pemasaran nasional dan global, serta melalui digitalisasi UMKM.


"BI juga terus mengakselerasi integrasi ekonomi dan keuangan digital melalui infrastruktur sistem pembayaran guna mendorong UMKM berdaya saing, antara lain dengan pemanfaatan Quick Response Indonesia Standard (QRIS), sebagai sarana pembayaran baik oleh pelaku UMKM maupun penyedia jasa pariwisata," terang Perry.


Disebutkannya, hingga pertengahan September 2021 tercatat sebanyak 10,4 juta merchant yang menggunakan QRIS. (A-1Red)


Sumber: BI



Komentar Anda

Berita Terkini