Baskami Ginting: PWI Itu Rumah Godang Wartawan Yang Bermartabat dan Elegan

author photo


Medan - Moltoday.com:
Ketua DPRD Sumatera Utara Drs Baskami Ginting berharap Ketua PWI Sumut terpilih H Farianda Putra Sinik dan Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Sumut priode 2021 – 2026 menjadi pasangan yang mampu menjadikan PWI, sebagai rumah Godang (besar) wartawan. Karena keduanya sudah menserasikan satu sama lain, membangun PWI lebih bermartabat dan elegan.

Harapan ini diungkapkan Baskami Ginting kepada wartawan, Senin (25/10/2021) di Medan. Menanggapi hasil Konfercab PWI Sumut, Sabtu (23/10/2021), dimana Farianda Putra Sinik terpilih sebagai Ketua PWI Sumut dan Drs Syahrir sebagai Ketua DKP PWI Sumut untuk lima tahun kedepan.

Baskami Ginting yang dianugerahkan penghargaan sebagai Sahabat pers versi SPS, pada Februari 2020 lalu, juga berharap agar Ketua PWI maupun Ketua DKP Sumut yang baru mampu membawa perubahan didalam tubuh PWI, yang merupakan sebagai wadah bernaungnya para insan pers, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Karenanya, sambung politisi PDI Perjuangan ini, keberadaan insan pers atau wartawan sangat penting bagi semua pihak. Terutama dalam pembangunan Sumatera Utara yang bermartabat, melalui tugas dan fungsinya sesuai kode etik jurnalistik.

"Kita yakin, para wartawan dibawah naungan PWI Sumut nantinya dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara professional. Jadikan wartawan itu sahabat membangun, bukan dijadikan sebagai momok," jelasnya.

Anggota DPRD Sumut dari dapil Medan ini mengakui, cukup mengenal sosok Farianda Putra Sinik dengan baik, yang sempat bergelut di Partai Demokrat. Demikian juga mengenal bung Syahrir, pada saat memimpin PWI Sumut sebagai ketua.

"Kedua tokoh insan pers ini sudah tidak asing bagi saya, dan keduanya cukup familier dan mau bertukar pikiran untuk kemajuan pembangunan pers di Sumut," tuturnya seraya mengucapkan selamat kepada Farianda dan Syahrir, semoga bisa menjadikan PWI sebagai organisasi yang profesional sesuai tupoksinya dan menjaga persatuan dan kesatuan, serta bisa membangun komunikasi yang baik kepada semua stake holder.

Diketahui bersama, Haji Farianda Putra Sinik terpilih sebagai Ketua PWI Sumatera Utara (Sumut) Periode 2021-2026, melalui Konferensi PWI Sumut, Sabtu (23/10/2021), di Hotel Garuda Plaza Medan. Farianda yang juga pemilik sekaligus Pemimpin Redaksi (Pemred) Harian Medan Pos itu mendapat dukungan 327 suara, sementara Haji Hermansjah, wartawan Harian Analisa yang  merupakan incumbent, hanya  memperoleh dukungan 189 suara.

Kemenangan Farianda yang juga Ketua Serikat Perusahaan Pers (SPS) Sumut itu, sudah diprediksi sebelumnya, mengingat sebagian besar anggota PWI Sumut  menginginkan perubahan di jajaran kepengurusan  PWI Sumut.

Selain memilih Ketua PWI Sumut, dalam konfrensi itu juga terpilih Muhammad Syahrir, sebagai Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Sumut priode 2021 – 2026 dengan meraih 335 suara.

Muhammad Syahrir sebelum nya pernah menjadi Ketua PWI Sumut Periode 2010- 2015, yang dalam pemilihan ketua DKP PWI Sumut periode 2021 -2026, mengalahkan rivalnya Deddi Syahputra yang memperoleh 180 suara.

Usai terpilih, H Farianda Putra Sinik SE mengucapkan terimakasih dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena kemenangannya itu atas izin Allah SWT. Berterimakasih juga kepada seluruh peserta, khususnya kepada pendukungnya yang telah memberikan hak suaranya hingga dirinya mendapat kepercayaan memimpin PWI Sumut hingga 5 tahun ke depan.

Harapan ketua PWI Sumut yang baru terpilih, dengan selesainya pelaksanaan Konferensi PWI Sumut 2021, tidak ada kubu-kubuan di PWI Sumut, karena semuanya berkeinginan untuk tetap membesarkan PWI Sumut.

"Sekarang suasana sudah mencair, mari bersatu membangun dan membesarkan PWI Sumut. karena tanpa kebersamaan anggota, PWI Sumut tidak akan besar," pungkas Farianda.

Sebelumnya, pimpinan sidang dari PWI Pusat  Zulkifli Oto mengatakan, jumlah angggota pemilih tetap (DPT) PWI Sumut 523 orang, hadir dalam konferensi maupun yang tidak hadir, namun sudah menyerahkan mandatnya kepada peserta yang hadir, seluruhnya berjumlah 515 suara.
(A-1Red)

Komentar Anda

Berita Terkini