Wahyudi: Dengan Wartawan Yang Punya Motivasi Kuat, Program BI Akan Sampai Dengan Benar ke Masyarakat

author photo


Parapat - Moltoday.com: Program pelatihan para wartawan ekonomi bisnis, yang dilakukan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Sumatera Utara (Sumut), selalu menyuguhkan program kelas "Motivasi". Sebab lewat program tersebut, para wartawan diharapkan mampu membentuk persepsi positif yang akan disampaikan ke masyarakat, khususnya informasi pertumbuhan ekonomi.

Dalam pelatihan wartawan kali ini, BI menyiapkan Wahyudi, sebagai coach dalam kelas Motivasi tersebut. Dirinya menggambarkan sebuah oretan di sebuah kertas putih. Dan meminta seluruh awak media yang hadir untuk menafsirkan oretan itu, sesuai dengan pengalaman dan persepsi masing-masing.

Pemisalan tersebut, sambung Wahyudi, perumpamaan dengan pertumbuhan ekonomi yang terjadi di Sumatera Utara. "Tanpa pemberitaan yang benar dari wartawan, maka akan memunculkan persepsi yang beragam dari masyarakat tentang seluruh program BI," katanya di Aula Hotel Niagara Parapat, Sabtu (30/10/2021).

Peranan wartawan melalui pemberitaan yang baik, lanjut motivator asal kota Medan ini, akan membuat pandangan masyarakat pada BI menjadi lebih terarah.

"Sebab, berita yang dibuat oleh wartawan ekonomi, dapat menjadi acuan masyarakat untuk mengetahui dan memahami isu ekonomi yang sedang berkembang. Apakah Sumut mengalami infalasi atau deflasi dalam hal pertumbuhan ekonomi," jelasnya.

Amatan Moltoday.com, selain motivasi, kegiatan pelatihan wartawan yang dibuka langsung oleh KPw BI Sumut, Soekowardojo tersebut diisi dengam beragam pengetahuan perkembangan ekonomi saat ini, seperti transaksi LCS dan digital banking. (A-1Red)

Komentar Anda

Berita Terkini