Kades SM Diski Dampingi Disdukcapil Deliserdang Lakukan Perekaman KTP, Akta Kelahiran dan KIA

author photo


 

Diski, Sunggal - Moltoday com: Untuk menunjang program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) pemerintah Kabupaten Deliserdang, didalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakatnya, Dinas Penduduk dan Catatan Sipil Kabupaten Deliserdang bersama Pemerintah Desa Sumber Melati Diski kembali melakukan perekaman KTP, KIA dan Akte Kelahiran di Jalan Gembira Dusun V Desa SM Diski, Sunggal Deliserdang, Kamis (17/2/2022).


"Khusus untuk KTP, kita prioritaskan bagi warga berusia 17 keatas, yang belum melakukan perekaman data e-KTP. Sedangkan persyaratan untuk Kartu Identitas Anak (KIA), kita arahkan warga untuk mengurus Akta Kelahiran terlebih dahulu," ucap M.Irwansyah Tambunan selaku staf Bidang Capil, mewakili Kasi Bidang Data Dukcapil Ny.Lili.



Dan untuk perekaman hari ini, lanjut Irwansyah, dioptimalkan untuk seluruh warga Desa SM Diski yang hingga saat ini belum melakukan perekaman data administrasi sama sekali. "Karena pelayanannya cuma satu hari ini sampai pukul 15.00 Wib saja, sesuai dengan surat dari Kepala Desa kepada Disdukcapil Kabupaten Deliserdang," jelasnya.


Sementara itu, Fitrya Yunita (36) seorang warga Dusun III SM Diski, mengungkapkan bahwa kehadirannya disini guna mengurus kartu KIA untuk ke dua anaknya.


"Saya sangat bersyukur, akhirnya KIA anak pertama saya, Alfa Reza Saragih (15) yang duduk di bangku SMP dan anak kedua, Alriskiansyah Saragih (8) kelas 1 SD telah terdata.

Saya mewakili warga yang lain mengapresiasi Bapak Kepala Desa Sariman, atas terlaksananya kegiatan perekaman data ini," ujarnya dibarengi senyum sumringah puluhan warga yang lain.



Kepala Desa SM Diski, Sariman S.Pdi.M.PSi, mengungkapkan, bahwa kegiatan perekaman ini dilakukan untuk mempermudah warga masyarakat yang belum memiliki KTP, Akta Kelahiran dan KIA.


"Ini semata-mata bentuk perhatian pemerintah Desa SM Diski kepada warganya. Bisa jadi akibat kesibukan mereka bekerja, sehingga tidak sempat mengurus kelengkapan administrasi mereka dan anaknya," katanya.


Sebab, lanjut Sariman, sebagai seorang pemimpin pemerintahan Desa, sudah menjadi tanggung jawabnya untuk melayani seluruh keperluan warga dengan baik dan benar.


"Dan pastinya, apa yang kami lakukan ini bukanlah pencitraan. Biar aja masyarakat yang menilai, ikhlas tidaknya apa yang kami kerjakan ini. Yang pasti, pelayanan kepada warga menjadi skala prioritas bagi pemerintah Desa SM Diski saat ini," pungkas nya. (A-1Red)




Komentar Anda

Berita Terkini