Saat Sosperda No.4 Tahun 2012, Masyarakat Tegal Sari 1 Apresiasi Kinerja David Roni Sinaga

author photo


Medan - Moltoday.com : Disaat PPKM Kota Medan berada di level 3, anggota DPRD Medan David Roni Ganda Sinaga, SE kembali melakukan kegiatan Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosperda) Perundang-undangan No.4 Tahun 2012 Tentang Sistem Kesehatan Kota Medan di Jalan Denai Gg Rukun Kelurahan Tegal Sari 1 Kecamatan Medan Area, Sabtu (19/3/2022) pagi.


Dihadapan  Camat Medan Area Hendra Asmilan, Kasipem Kelurahan Tegal Sari 1, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, Politisi Partai PDI-P Kota Medan ini dalam sambutannya mengatakan, bahwa dengan adanya Perda No.4 ini, apa tugas dari tenaga kesehatan, baik di Puskesmas maupun di Rumah Sakit jelas tertera. Dan apa hak dari masyarakat pun tertulis jelas di perda tersebut. 


"Terutama untuk pelayanan kesehatan pada masyarakat miskin yang menggunakan kartu BPJS, dimasa pendemi Covid-19 saat ini. Harapannya, dengan kepemimpinan Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution, kedepannya seluruh pelayanan disemua aspek kesehatan bisa lebih baik lagi," ucapnya.


Kalau masyarakat ada yang sakit, sambung David, segeralah periksa dan berobat ke Puskesmas terdekat. "Prosedur yang benar, masyarakat harus berobat dulu ke Puskesmas. Kalau memang sakitnya butuh perawatan lebih lanjut, pihak Puskesmas lah yang merujuk kerumah sakit mana masyarakat itu dikirim," jelasnya.


Untuk itu, lanjut David yang juga Ketua BAPERA DPD Kota Medan lagi, masyarakat harus mempunyai kartu BPJS Kesehatan. Agar pengurusan administrasinya lebih mudah dan gampang disaat sakit. "Kalau masyarakat sudah punya kartu BPJS, berapapun biaya selama perawatan di rumah sakit akan dibayar oleh pemerintah Kota Medan. Dan sebaliknya, kalau masyarakat tak punya kartu BPJS, pelayanan di rumah sakit akan sulit," sebutnya.



Sementara itu, Camat Medan Area Hendra Asmilan mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan Sosperda ini. Dimana dirinya menghimbau masyarakat yang hadir dalam Sosper tersebut, untuk tetap mematuhi prokes yang masih diberlakukan oleh pemerintah.


"Sebab, PPKM Kota Medan saat ini dilevel 3, untuk itu diminta kerjasama yang baik atara semua pihak. Ikutilah vaksinasi masal yang saat ini serentak dilakukan oleh Pemerintah, TNI, Polri maupun pihak swasta. Agar usaha pemerintah melindungi rakyatnya dari covid-19, berjalan dengan baik," tuturnya.


Sesi tanyak jawab


Syarifuddin warga Lingkungan VII Gg Bersama Kelurahan Tegal Sari 1, mengucapkan terimakasih kepada bapak David Roni Ganda Sinaga atas perhatian dan responnya yang luar biasa terhadap masalah drainase di lingkungan mereka.


"Coba bayangkan, sejak puluhan tahun dan beberapa dewan berganti, parit atau drainase di Gg kami tak pernah dibuat. Berbeda dengan bapak David, baru ditahun ketiga sejak menjadi anggota dewan, parit atau drainase di lingkungan kami sudah dibuat oleh Dinas PU dengan baik dan rapi. Jadi menurut saya, anggota dewan seperti ini yang harus diperlukan masyarakat," ungkapnya.



Sementara itu bapak Dany warga Lingkungan VIII di Kelurahan yang sama juga mengapresiasi kinerja dari David Roni. Yang mana menurutnya, kinerja David Roni selaku anggota dewan selalu mendengar dan merealisasikan permasalahan warga.


"Contohnya, pada peristiwa kebakaran di Gg. Rukun pada bulan Maret tahun 2021 lalu yang menghanguskan rumah Keluarga bapak Sihombing dan bapak Nasution. Pak David langsung turun kelokasi kebakaran, guna menghibur serta membantu para korban. Dimana pak David terus membantu dan mensupport hingga ketiga rumah yang terbakar tersebut berdiri permanen sekarang ini," tutur Diky dan disambut tepuk tangan masyarakat lainnya.


Amatan wartawan, ratusan undangan yang hadir menerima nasik dan seminar kit, dengan  tetap menerapkan prokes kesehatan, memakai masker dan menjaga jarak antara satu dengan yang lain.

(A-1Red)


Komentar Anda

Berita Terkini