Saat BBM, Doddy Zulverdi: Pertumbuhan Ekonomi Sumut Triwulan I 2022 Lebih Tinggi

author photo

Foto: Kepala BI Sumut Doddy Zulverdi bersama para Deputi 

Moltoday.com - Medan: Setelah pandemi Covid-19 menjadi "Endemi", Bank Indonesia Sumatera Utara (BI Sumut) kembali melakukan kegiatan Bincang Bareng Media (BBM), yang dilaksanakan di Gedung Bank Indonesia perwakilan Sumut, Jalan Balai Kota No.4, Kelurahan Kesawan Kecamatan Medan Barat, Selasa (31/5/2022).

Dalam bincang bareng ini, Kepala Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Sumatera Utara, Doddy Zulverdi menjelaskan, bahwa pertumbuhan di wilayah Sumatera Utara saat ini bertumbuh pesat.

“Perkembangan ekonomi di Sumatera Utara pada triwulan I di tahun 2022, tumbuh lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya,” ucap Deddy yang didamping para Deputi Direktur BI Sumut. 

Kembali Doddy menambahkan, khusus pada triwulan I tahun 2022 ekonomi Sumatera Utara (Sumut) tumbuh 3,90 % (yoy) dan hal tersebut meningkat dari triwulan IV pada tahun 2021.

“Pada tahun 2022 (triwulan I) ini, ekonomi masyarakat kembali pulih setelah pandemi Covid-19 yang memuncak pada tahun 2021 lalu. Dari sisi pengeluaran, ekspor mencatat pertumbuhan tertinggi dan secara net tumbuh mencapai 4,07 % (yoy),” terangnya.

Jika dilihat dari sisi lapangan usaha, lanjut Doddy Zulverdi, dari sektor perdagangan mengalami pertumbuhan tertinggi dan terdapat dua sumber pertumbuhan, yaitu transportasi  jasa keuangan.

“Secara spesifik, andil terbesar ekonomi Sumatera disumbang oleh Riau dan Sumatera Utara,” pungkasnya. (A-1Red) 

Komentar Anda

Berita Terkini