Wong Kembali Ingatkan Warga Waspada Covid19 dan Hepatitis Saat Sosperda

author photo
teks foto: Anggota DPRD Medan Wong Chun Sen

Medan - Moltoday.com: Anggota DPRD Medan, Drs. Wong Chun Sen Tarigan M.Pd.B mengingatkan masyarakat dan para orangtua untuk memperhatikan kondisi kebersihan rumah dan lingkungan dalam menjaga kesehatan anak. 

"Saat ini penyakit Hepatitis menjadi perhatian khusus, karena sudah ada beberapa kasus korban yang meninggal di daerah lain. Untuk itulah perlu adanya koordinasi antar instansi, mulai dar Kepling, Lurah, Kecamatan dan Dinas Kesehatan kota Medan," ucap Wong saat kegiatan penyelenggaraan Sosialisasi Produk Hukum Daerah Perda Kota Medan No 4 Tahun 2012 Tentang Sistem Kesehatan Kota Medan yang berlangsung di Jalan Letda Sujono, Minggu (15/5/22) pagi. 

Wong juga mengimbau, agar warga tidak menganggap enteng penyakit. Bila badan sudah terasa kurang sehat sebaiknya memeriksakan ke Puskesmas terdekat. "Kalau kurang sehat cepat berobat, termasuk kepada ibu hamil dan anak balita agar rutin melakukan pemeriksaan ke Posyandu atau Puskesmas," pinta Wong 

Masih dalam seputaran kesehatan khususnya kepada pemilik BPJS Kesehatan PBI atau yang dibiayai pemerintah agar menggunakan kartu setidak dalam jangka waktu enam bulan ada sekali saja supaya tetap aktif. Nah bagi yang mandiri juga diimbau tetap membayarkan iuran setiap bulannya. 

"Begitu juga kepada warga yang belum memiliki BPJS termasuk untuk mendapatkan BPJS PBI bisa mendatangi timnya. Karena banyak warga yang telah mendapatkan fasilitas kesehatan dengan BPJS PBI," ujarnya. 

Dewan yang duduk di Komisi II DPRD Medan ini meminta kepada Kepling dan Lurah, bila peserta BPJS yang telah meninggal agar mengeluarkan surat tanda kematian. " Sehingga, kepersertaan mereka dicoret baik itu BPJS Mandiri maupun PBI," tegasnya.

Menanggapi persoalan ini, perwakilan Puskesmas Mandala, drg Tri Noviyanti juga mengajak masyarakat untuk berobat. "Bila ada keluhan langsung datang dan bila memerlukan perawatan serius bisa dirujuk ke rumah sakit nantinya," jelasnya. 

Sedangkan untuk stanting, lanjutnya lagi, berdasarkan laporan tercatat ada dua anak. "Kini sudah ditangani serta mendapatkan perawatan dan kesehatan secara intensif," tuturnya.

Sedangkan dari perwakikan BPJS Kesehatan, Alwi Ihsan mengingatkan warga kalau ada anggotanya yang meninggal secepatnya dilapor agar langsung dikeluarkan dari keanggotaan. Dan selain itu, bila ada hal yang darurat pemilik BPJS bisa berobat langsung tanpa harus melalui rujukan dari Faskes. 

Camat Medan Tembung, yang diwakili Ahmad Abdi Sinaga, menjelaskan bahwa jajarannya selalu mensosialisasikan untuk membantu warga khususnya yang belum punya BPJS PBI. 

Dalam Sosialiasi Perda ini, para undangan yang hadir tetap menerapkan protokol kesehatan, baik itu narasumber maupun ratusan warga yang hadir sebagai peserta. (A-1Red)

Komentar Anda

Berita Terkini