Peran Penting Pers Untuk Meminimalisir Politik Identitas Pada Pemilu 2024

author photo
Moltoday.com - Medan, Wartawan senior asal Sumatera Utara, Jamaluddin, SPd menilai pers mempunyai peran penting didalam menghempang dan meminimalisir politik identitas, menjelang hingga pelaksanaan Pemilu 2024. Untuk itu, pers senantiasa dituntut menjalankan fungsinya dan wajib menyampaikan informasi yang benar, mendidik, dan mampu memberikan pengaruh positif terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara. 

"Pers diharapkan tidak sekadar mencari keuntungan, melainkan memiliki misi khusus untuk mencerdaskan rakyat dan membawa bangsa ini ke level yang lebih tinggi sesuai nilai Pancasila dan amanat konstitusi,"kata Jamaluddin di sela-sela pemaparannya dalam Focus Group Discussion (FGD) yang digelar Polda Sumut di Grand Antares Hotel, Jalan Sisingamangaraja Medan, Kamis (30/6/2022).

Menurut Jamaluddin,   pers perlu lebih cermat memainkan perannya dalam menghadapi dan membendung praktik politik identitas yang diyakini akan tumbuh subur menjelang hingga pelaksanaan Pemilu 2022.Hal itu disebabkan sesudah merdeka bangsa Indonesia telah sepakat untuk menjunjung tinggi nilai identitas nasional yang bersumber pada nilai kesatuan dan persatuan dalam kebhinekaan.

"Yang memiliki arti bahwa identitas antar suku, ras, agama, serta antar golongan dijadikan sebagai alat pemersatu bangsa untuk mewujudkan nasionalisme," kata Redaktur Daerah dan Hukum Koran Mimbar Umum ini 

Jamaluddin berkeyakinan, jelang Pemilu 2022 khususnya Pemilihan Presiden akan bertebaran berita hoax. Untuk itu  dibutukan  menyajikan berita yang benar, dan di sinilah pers berperan. 

"Berita hoax harus dilawan dengan berita yang benar. Kalau ada berita yang dinilai hoax, maka perlu ada berita yang benar sebagai rujukan masyarakat," ucapnya.

Sebab menurut alumnus Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) ini, tanpa ada berita yang benar sebagai rujukan, masyarakat akan terperangkap dalam informasi yang salah. "Di sinilah pentingnya kehadiran pers. Pers Indonesia dilindungi UU karena memiliki fungsi dan peran yang sangat penting bagi masa depan bangsa," ujarnya.

Dijelaskannya lagi, pada Pasal 3 UU 40/1999 tentang Pers, ditegaskan fungsi pers, yakni sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial. 

"Apalagi negara demokrasi seperti Indonesia, dimana pers menjadi kekuatan keempat setelah eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Pers menjadi watchdog atau penjaga kepentingan rakyat, pengawal konstitusi, dan arah kehidupan bangsa," imbuhnya.

Sesuai fungsinya, pers wajib menyampaikan informasi yang benar, mendidik, dan mampu memberikan pengaruh positif terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara. 

"Pers tidak sekadar mencari keuntungan, melainkan memiliki misi khusus untuk mencerdaskan rakyat dan membawa bangsa ini ke level yang lebih tinggi sesuai nilai Pancasila dan amanat konstitusi," tuturnya.

Untuk itu, wartawan yang menulis di harian Mimbar Umum ini mengajak para insan pers, didalam menjalankan posisi dan ruinitasnya harus menyikapi politik identitas agar senantiasa mengacu pada Pasal 5 UU Pers. Diantaranya,  menegakkan nilai dasar demokrasi, mendorong terwujudnya supremasi hukum, HAM, dan menghormati kebhinekaan.

"Saat hoax membolak-balikkan fakta dan memicu intoleransi, pers harus lebih aktif menjaga pluralitas. Kemudian mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat, dan benar, dimana ketika hoax menyebar, pers wajib mengembangkan berita yang tepat, akurat, dan benar," terangnya.

Jamaluddin juga menyebut, peran dari Pers itu melakukan pengawasan, kritik, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum. 

"Dengan memanfaatkan instrumen digital, pers dituntut cepat menyampaikan berita yang benar sebagai koreksi atas berita hoax," pungkasnya.( A-1Red)
Komentar Anda

Berita Terkini