Hadiri Rapat Tim Pengendalian Inflasi Daerah, Doddy Zulverdi: Ayo Dukung Gernas PIP

author photo
Moltoday.com - Medan, Untuk mengendalikan inflasi berkelanjutan, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi melakukan Rapat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (HLM), penyerapan anggaran, PMK dan Narkoba bersama Forkopimda dan Bupati/Walikota Se- Provinsi Sumatera Utara di Aula Tengku Rizal Nurdin rumah dinas Gubernur, Jalan Sudirman, (25/8/2022) pagi.

Dalam sambutannya, Gubernur Edy Rahmayadi meminta agar setiap kepala daerah berperan aktif untuk mengatasi dan menekan inflasi yang saat ini masih terjadi di Sumatera Utara.

"Tanpa kerjasama yang baik, tak mungkin inflasi bisa teratasi. Gak mungkin seorang Gubernur dapat mengatasi sendiri. Untuk itu, dengan kolaborasi kita semua, saya optimis inflasi di Sumatera Utara dapat diatasi," katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPwBI) Sumatera Utara, Doddy Zulverdi menambahkan bahwa tanpa keseriusan dari Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), mustahil harga 9 bahan pokok di Sumatera Utara bisa normal.
"Alhamdulillah, inflasi Sumatera Utara per bulan Juli, turun menjadi 0,31%. Angka tersebut lebih rendah dibanding inflasi nasional sebesar 0,64 %," ucapya.

Namun yang harus diwaspadai, sambung Doddy Zulverdi, masih tingginya harga energi, seiring masih adanya disrupsi pasokan terkait konflik geopolitik. "Termasuk penurunan harga pangan global didorong potensi resesi seiring membaiknya pasokan," jelasnya.

Pastinya, lanjutnya lagi, Bank Indonesia bersama Tim Pengendali Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP&TPID) terus berkomitmen dalam menjaga terkendalinya inflasi melalui Sinergi Gerakan Nasional  Pengendalian Nasional (Gernas PIP).

"Melalui Gernas PIP menjadi komitmen bersama untuk mengoptimalkan langkah-langkah pengendalian inflasi dari sisi suplai dan mendorong produksi guna mendukung ketahanan pangan secara integratif, masif dan berdampak nasional," paparnya.

Doddy Zulverdi juga menyebut, KPwBI Sumut bersama TPID Sumut mengajak seluruh jajaran TPID Kabupaten/Kota mendukung kelancaran dan kesuksesan Gernas PIP di Sumatera Utara.

"Rencananya peluncuran Gernas PIP di Sumatera Utara pada 31 Agustus 2022 mendatang. Oleh sebab itu, dituntut koordinasi yang baik dari kita semua, agar ekonomi Sumatera Utara tumbuh lebih baik lagi," pungkasnya. 

Amatan wartawan, hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Sumut, Pangdam I/BB, Kapoldasu, Kajatisu, Kepala BNNP Sumut, Bupati/Walikota Se-Provsu dan tamu undangan lainnya.

(A-1Red)

Komentar Anda

Berita Terkini