Menkeu RI dan Gubernur BI Resmi Luncurkan Uang Kertas Emisi 2022

author photo


Moltoday.com - Jakarta, Menteri Keuangan (Menkeu) Republik Indonesia (RI) Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, hari ini, Kamis (18/8/2022) secara resmi meluncurkan uang kertas tahun emisi 2022.


Peluncuran tersebut berlangsung pada kamis pagi sekira pukul 07.45 WIB, yang disiarkan secara live streaming melalui kanal media sosial BI, youtube, Instagram dan facebook.


Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati, RI dalam sambutannya mengatakan dalam sejarahnya pada 30 Oktober 1946 uang rupiah telah dibentuk, dilahirkan dan diberlakukan oleh Wakil Presiden (Wapres) RI, Muhammad Hatta, menandai babak baru bagi Republik Indonesia yang baru saja merdeka.


"Dimana, didalam setiap lembaran rupiah terdapat berbagai cerita dan narasi," ucapnya.


Ditambahkan Sri Mulyani, rupiah adalah satu-satunya alat pembayaran yang sah yang dipakai di Indonesia, di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sudah selayaknya rupiah sebagai alat pembayaran yang sah harus dihormati dan dibanggakan.


“Bagi kita semua, bersama rupiah kita bangkit untuk lebih kuat menuju Indonesia maju,” harapnya.


Sementara itu, Gubernur Bank Indonesi,  Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia mengatakan, peluncuran uang rupiah ini merupakan wujud nyata, komitmen bersama untuk menyediakan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya kepada masyarakat.


"Sebagai simbol kedaulatan rakyat dan pemersatu bangsa, kami mengajak seluruh komponen masyarakat untuk cinta, paham dan bangga rupiah. Mari kita terus kobarkan optimisme, semangat kebangsaan dan komitmen untuk pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat untuk Indonesia maju,” seru Perry.


Diakhir pidatonya, dengan mengucap Bismillahirrahman nirrahim, dan mengharapkan ridho Allah yang maha kuasa, pada hari ini 18 Agustus 2022, Saya Gubernur Bank Indonesia bersama Menteri Keuangan RI, Ibu Sri Mulyani dengan resmi meluncurkan 7 pecahan uang rupiah kertas tahun emisi 2022 sebagai alat pembayaran yang sah diseluruh wilayah NKRI,” tutup Perry Warjiyo yang selanjutnya melakukan penekenan plakat bertanda peresmiannya.


Dikesempatan itu, pihak Bank Indonesia menampilkan setiap lembar uang kertas rupiah terbaru, berikut gambar pahlawannya.(A-1Red)


Komentar Anda

Berita Terkini