PAC Gerindra Medan Helvetia dan Rumah Aspirasi 'BEDA' Gelar Bakti Sosial

author photo
Teks foto, Ketua PAC Gerindra Medan Helvetia

Moltoday.com - Medan, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Partai Gerindra Kecamatan Medan Helvetia, yang dikomandoi Anita Christine Sihotang SH bersama Rumah Aspirasi Benny - Duma (BEDA) menggelar kegiatan Bakti Sosial, berupa, Sumat Masal, Operasi Bibir Sumbing dan Pemeriksaan Kesehatan EKG (jantung), USG dan Darah secara gratis kepada seluruh masyarakat di Kecamatan Medan Helvetia, yang berlokasi di Jalan Beringin II no.77,  Senin (8/8/2022) dimulai pukul 08.00 WIB.
Kegiatan ini, dihadiri Ketua Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB) Sumut, Brigjen TNI Purn.Harry Yusmanhadi, perwakilan Dinas Kesehatan Provsu, Ketua DPC Partai Gerindra kota Medan, H.Ihwan Ritonga,SE.,MM, Anggota DPRD Kota Medan, Dame Duma Sari Hutagalung SH dan Anggota DPRD Sumut, Benny H Sihotang, serta seluruh pengurus partai Gerindra se-kecamatan Medan Helvetia.

Bakti sosial dibuka dengan pembacaan do'a, dilanjutkan 
kata sambutan Ketua PAC Gerindra Medan Helvetia, Anita Christien Sihotang, yang menyebut akan tujuan pelaksanaan bakti sosial, semata-mata untuk membantu masyarakat tak mampu, termasuk bagi orangtua yang ingin memeriksakan kesehatan dan menyunatkan anaknya secara gratis.

"Harapannya, kegiatan Sunat Massal, Operasi Bibir Sumbing, Pemeriksaan Kesehatan, EKG, ISH dan darah, dapa bermanfaat buat masyarakat. Khusus buat peserta Sunat Masal, kami akan memberikan susu, sarung, uang tali asih dan suvenir," katanya.

Sementara itu, Ketua BKB Sumut, Brigjen TNI (Purn) Harry, juga menambahkan, bahwa pelaksanaan kegiatan bakti sosial yang lakukan  pengurus Partai Gerindra Kecamatan Medan Helvetia, sangat positif. 

"Sebab, jumlah peserta sunat masal itu 93 orang, pemeriksa kesehatan 115 orang, operasi bibir sumbing 4 orang. Dimana BKB Sumut sudah menyiapkan 10 dokter dan puluhan perawat pada kegiatan bakti sosial hari ini.

Disampaikan Harry lagi, BKB Sumut sudah melakukan kegiatan sosial di 33 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara.

"Untuk operasi bibir sumbing sebanyak 178 kali, khitanan 4000, kegiatan spesialistik, penyakit dalam, USG dan EKG. Yang mana,
kegiatan hari ini merupakan intruksi DPD Partai Gerindra Sumut," tuturnya.

Sampai saat ini, sambung Harry, semua kabupaten kota di Sumut tinggal kepulauan Nias yang belum dan sudah direncakan BKB akan turun di bulan November.

Sambung Harry lagi, untuk kegiatan sosial, selain dengan Dinas Kesehatan, BKB Sumut juga berkolaborasi dengan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) wilayah Sumut. 

"PPNI sudah menyiapkan 30.800 perawat yang siap mendukung kegiatan BKB Sumut. Kita berharap, kesehatan masyarakat Sumut dapat bermartabat seperti keinginan bapak Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi," sebutnya.
Teks foto, Anggota DPRD Sumut Benny H Sihotang 

Sementara itu, Benny Sihotang selaku anggota DPRD Provinsi Sumut yang merupakan ketua Rumah Aspirasi 'BEDA' (Beny - Duma) juga mengapresiasi pelaksanan bakti sosial yang diselenggarakan oleh PAC Partai Gerindra Medan Helvetia, dibawah kepemimpinan Anita Christien Sihotang. 

"Makanya kita hadirkan bus pelayanan kesehatan keliling milik Dinas Kesehatan provinsi Sumatera Utara. Ada 2 bus kesehatan, yang fungsinya untuk operasi bibir sumbing," ujarnya.

Nantinya, lanjut Benny Sihotang lagi,  kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan oleh partai Gerindra akan melakukan pemeriksaan kesehatan, berupa operasi katarak dan Papsmear bagi kaum perempuan yang sudah menikah.

"Dalam kegiatan itu, nantinya kita akan bekerjasama dengan Persatuan Perhimpunan Dokter Mata se-Sumatera Utara, yang diketuai dr.Delvi, serta dengan UPT Mata provinsi Sumatera Utara," sebut politisi dari partai Gerindra Sumatera Utara ini.

Senada dengan Benny Sihotang, Dame Duma Sari Hutagalung yang merupakan Anggota komisi IV DPRD Medan ini sangat mengapresiasi pelaksana bakti sosial yang diselenggarakan oleh PAC Partai Gerindra Medan Helvetia. 

Sedangkan Ketua DPC Partai Gerindra Kota Medan, H.Ihwan Ritonga,SE.,MM pada kata sambutan mengaku sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan oleh Pengurus PAC Partai Gerindra Medan Helvetia. 

"Saya dapat laporan tadi,  jumlah peserta sunat masal awalnya hanya 40 orang, namun yang mendaftar sudah 100 orang. Dan pemeriksaan kesehatan sudah mencapai 115 peserta. Artinya, minat masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya dan orangtua membawa anaknya untuk sunat massal sangat tinggi. Untuk itu, saya pribadi mengucapkan terimakasih banyak kepada pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan bakti sosial ini," tuturnya.
Usai membuka dan memberikan kata sambutannya, ketua DPC Partai Gerindra Kota Medan ini didampingi ketua BKB Sumut, Ketua PAC Partai Gerindra Medan Helvetia, Anggota DPRD Kota Medan dan Anggota DPRD Sumut asal partai Gerindra, meninjau pemeriksanaan kesehatan yang sudah berlangsung di rumah aspirasi BEDA, dilanjutkan meninjau pelaksanaan operasi bibir sumbing yang dilakukan di dalam bus kesehatan dan peninjauan sunat masal.
Terpisah, Nurwahid salah seorag warga yang  anaknya ikut sunat massal, mengaku sangat terbantu dengan adanya bakti sosial yang dilakukan oleh partai Gerindra Medan Helvetia.

"Saya senang sekali ada program sunat masal gratis ini bang. sebab, kami ini masyarakat miskin. Untuk menyunatkan anak kedua ini saja saya tak mampu. Oleh karenanya, saya berterimakasih pada Ibu Anita Christien, Pak  Beny Sihotang dan Ibu Duma serta partai Gerindra," pungkasnya. (A-1Red)

Komentar Anda

Berita Terkini