BI Targetkan Tahun 2023-2024 Sosialisasi BI-Fast di Seluruh Indonesia Terealisasi

author photo
Moltoday.com l Medan - Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPwBI) Sumatera Utara, Doddy Zulverdi menyampaikan, BI-Fast merupakan salah satu bentuk dukungan Bank Indonesia dalam dunia perbankan.

"Melalui sosialisasi pagi hari ini, kami berharap BI-Fast dapat memperkuat sistem pembayaran yang aman dan cepat di Sumatera Utara," katanya dalam acara Akselerasi Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital Indonesia melalui BI-Fast yang digelar di lantai 2 JW Marriott Hotel, Jalan Putri Hijuau
Sementara itu, Deputi Gubernur BI, Dony Primanto Joedono juga menambahkan bahwa BI-Fast sudah dimulai dari bulan Desember tahun 2021. 

"Setelah dilakukan uji coba selama hampir satu tahun, baik untuk  lambang, sistem, tekhnologi dan hasilnya cukup bagus. Makanya hari ini kita lakukan sosialisasi kepada masyarakat kota Medan, setelah kota Surabaya. Termasuk keseluruh Indonesia," ujarnya.
teks foto, Dony Primanto dan Doddy Zulverdi 

Intinya, sambung Dony, Bank Central dalam hal ini Bank Indonesia (BI) mereposisikan dirinya harus menyediakan ekosistem sistem pembayaran digital. 

"Ini dilakukan agar tercipta  pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman dan handal (Cemumuah). Karena selama ini, masyarakat memakai online transfer, biayanya Rp6.500 jadi agak mahal. Namun dengan BI-Fast, biaya transfer hanya Rp.2500, jauh lebih murah," jelasnya.

Saat ini, tambah Dony, sudah 77 atau sekitar 80 persen Bank yang menginstal BI-FAST. Dan kita juga akan membuka antar link. "Saat ini masih ada beberapa Bank yang belum siap untuk menerapkannya, terutama Bank daerah yang masih menerapkan multi menance. Dan kita tidak bisa memaksa semua Bank untuk menerapkan teknologi tersebut," terangnya.

Oleh sebab itu, Dony yang merupakan putra kelahiran Sumatera Utara ini berharap, sosialisasi BI-Fast nantinya dapat berjalan dengan lancar.

"Kita berharap tahun 2023-2024 nanti, BI-Fast sudah tersosialisasi keseluruh pelosok Indonesia," pungkasnya. 
Amatan wartawan, kegiatan Sosialisasi BI-Fast tersebut menghadirkan para nara sumber yang berkompeten, termasuk dari Bank Indonesia pusat, Forkopimda kota Medan, Sumut dan Tokoh Agama. (A-1Red)
Komentar Anda

Berita Terkini