Diisi Tanya Jawab Dengan Siswa-Siswi, Kapolres Sergai Kunjungi SMAN1 Perbaungan

author photo



Ket.Foto: Kapolres Sergai AKBP Dr Ali Machfud foto bersama dengan para siswa dan guru SMAN1 Perbaungan,Rabu (23/11/2022)

SERDANGBEDAGAI | Kapolres Serdangbedagai AKBP Dr Ali Machfud melakukan kunjungan silahturahmi dan pendekatan sisi humanis Polri kepada siswa-siswi SMAN 1 Perbaungan di Kelurahaan Batang Terap, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdangbedagai.

Pada kunjungan tersebut Kapolres Sergai  AKBP Dr Ali Machfud didampingi Kasat Kasat IPTU R. Panjaitan, SH beserta anggota Sat Binmas, Rabu, (23/11/2022),sekira 10.00.

Sesampai di SMAN 1 rombongan Kapolres Sergai di terima oleh  Kepala sekolah SMAN 1 Perbaungan Riadi, S.Pd, MAP,  Kacabdisdiknas UPT Sei Rampah Dr.Mhd. Syafii, S.Pd, M.Pd, Kapolsek  Perbaungan AKP M.Pandiangan dan Danramil Perbaungan KAPTEN Kav. Ishak Iskandar.


Selanjutnya Kapolres Sergai menyampaikan perkenalan diri, dan profil serta memberikan pencerahan dan motivasi kepada siswa kelas X, XI, dan XII SMAN 1 Perbaungan

Adapun pencerahan dan motivasi yang disampaikan kepada siswa-siswi tujuan pihak Polres Sergai datang dalam rangka silaturahmi Polres Sergai untuk mendekatkan diri dengan pelajar karena banyak sisi-sisi humanisme Polri yang belum diketahui adek-adek sekalian

" Adek-adek sekalian rajinlah belajar, kita tidak tahu kita akan jadi apa kedepannya namun kita harus mempersiapkan diri kita untuk menjadi apa saja, persiapkan diri, skill, knowledge dan attitude serta kuasai ilmu dasar hidup, bahasa, matematika dan sains,"ucapnya

Kapolres Sergai juga menjelaskan kepada siswa-siswi untuk Kasus cabul dan persetubuhan anak dibawah umur dengan korban dan pelaku adalah anak dibawah umur tinggi di wilkum Polres Sergai.

"kami menghimbau agar menghindari pergaulan bebas dan sebagai penerus bangsa harus bisa menjaga diri dgn baik dan harus lebih bagus dan lbh baik dari generasi sebelumnya," imbaunya.

"Hindari, jauhi dan jangan coba-coba menggunakan Narkoba karena Narkoba merusak generasi bangsa dan jika ada tertangkap maka tidak hanya adek sekalian yang susah, akan tetapi Keluarga juga ikut susah,"nasehat AKBP Dr Ali Machfud.

Saat ini Polisi tidak ada melakukan penilangan secara manual selain dengan tilang elektronik/ ETLE/ Mobile ETLE jadi kami meminta agar kita semua semakin dewasa,  gunakan helm standar, untuk antisipasi kecelakaan, jangan sampai impian generasi muda hancur dan hilang karena kecelakaan, kita harus patuh dan tertib karena adanya aturan yang mengatur dan bukan karena ada Polisi, karena peraturan adalah cerminan diri dari Negara.

Kami akan lakukan tes urine secara mendadak kepada pelajar di sekolah ini.

Kapolres Sergai di pertemuan dengan para siswa-siswi mengajak komunikasi dua arah dengan tanya jawab.


Dalam sesi tanya jawab, ada 3 siswa-siswi yang mengajukan pertanyaan yaitu : 

a. Bagaimana upaya Polri utk meningkatkan kualitas SDM?

b.  Angka pengguna Narkoba tinggi dan kesadaran warga rendah, apa yang dapat kami lakukan untuk menurunkan tingkat penggunaan narkoba?

c. Bagaimana cara kami jika mendapati ada anggota Lalu lintas yg msh melakukan pungli?

Kapolres Sergai  mengapreasiasi atas pertanyaan yang diberikan karena pertanyaan tersebut berasal dari pelajar yang benar-benar belajar. 

Kapolres menjawab ketiga pertanyaan dari siswa-siswi dengan menjelaskan :

a. Saat ini banyak masalah menyangkut Polri yang dilakukan oleh oknum, dan untuk mengantisipasi hal tersebut supaya tidak terjadi lagi, Polri telah melakukan reformasi disegala bidang baik secara kultur, struktur dan substansi,  memberikan bimbingan rohani kepada personil Polri dgn didampingi oleh tokoh agama/ rohaniawan serta memberikan pelatihan-pelatihan guna meningkatkan kemampuan anggota Polri dalam pelaksanaan tugas

b. Tingkat peredaran narkoba di Sergai memang tinggi, peran pelajar adalah menjadi sarana sosial kontrol/ tool of social enginering/ agen perubahan sosial dengan cara menegur, ingatkan/ nasehati rekan-rekannya 

c. Terkait jika msh ada anggota Polri yang masih lakukan Pungli, silahkan laporkan kepada saya secara langsung melalui nomor pengaduan yg saya berikan agar saya berikan tindakan kepada oknum tersebut.

"Kepada Kasek SMAN 1 Perbaungan saya minta agar kembali mengaktifkan kembali Saka Bhayangkara guna menumbuhkan jika kepemimpinan sejak dini kepada para pelajar," tutup kapolres Sergai.(HR)



Komentar Anda

Berita Terkini