Hindari Penyelewengan, Distan Deliserdang Berlakukan E-katalog

author photo



Teks foto : Sekertaris Dinas Pertanian Deliserdang, Mahyuddin Siregar.

DELISERDANG | E-katalog adalah aplikasi belanja online yang menyediakan berbagai macam produk dari komoditas yang dibutuhkan oleh pemerintah.

Melihat kecanggihan Aplikasi E- katalog itu, menimbulkan ketertarikan bagi Dinas Pertanian (Distan) Pemkab Deliserdang untuk menjadikan E-katalog sebagai salah satu “peluru” dalam sistem pengadaan berbagai pekerjaan di kantor tersebut.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Pertanian Deliserdang Rahman Saleh Dongoran, yang disampaikan melalui Sekretaris, Mahyuddin Siregar kepada wartawan, Jumat (11/11/2022).

"Sekarang ini kita menerapkan E- katalog. Sehingga ada kesamaan harga diseluruh Indonesia,"ujar Mahyudin, yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Deliserdang, seraya menyerahkan uang Rp 300 ribu kepada sejumlah wartawan melalui Kasubbag Umum Distan Suparianti.

Disebutkan Mahyudin, bahwa E-katalog bisa jadi untuk menutup peluang penyelewengan.

Dalam hal itu, ketua Perkumpulan Jurnalis Indonesia Demokrasi (PJID) Kabupaten Deliserdang Fauzi Hasibuan, mengapreasi apa yang dilakukan Distan Deliserdang.

"Patut kita apresiasi karena Dinas Pertanian mulai bersih-bersih terhadap semua penyelewengan,"ujar Fauzi.

Terpisah, Ketua Umum LSM NGO Sanpan RI Aspin Sitorus, mendesak pihak penegak hukum di Kabupaten Deliserdang untuk menyelidiki kebenaran dari penerapan E-katalog.

"Jangan hanya ucapan saja. Tak taunya semua pekerjaan pada dinas tersebut dikerjakan oleh "orang dalam" Distan bertameng E-katalog,"ungkap Aspin saat ditemui di Kantor Kejaksaan Negeri Deliserdang usai Salat Jumat. (Red)

Komentar Anda

Berita Terkini