Kapolrestabes Medan Berkunjung ke Rumah Tjong A Fie Jl. Ahmat Yani

author photo
Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Valintino Alfa Tatareda SH, SIK saat berkunjung ke rumah Tjong A Fie

 

MEDAN | Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda SH, SIK menyempatkan diri ke  rumah Tjong A Fie di Jalan Ahmad Yani Kelurahan Kesawan Kecamatan Medan Barat, Sabtu (26/11/2022).

Suasana kehangatan dan penuh keakraban langsung menyambut kedatangan orang nomor satu di jajaran  Polrestabes Medan tersebut ke rumah Tjong A Fie yang merupakan bangunan bersejarah yang menjadi heritage di Medan.

"Dalam kesempatan ini, kita berkunjung dan bersilaturahmi ke rumah Tjong A Fie," kata Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda.

Ia mengatakan rumah Tjong A Fie ini merupakan situs bersejarah yang menjadi simbol kerukunan masyarakat dan beragama di Kota Medan yang majemuk. 

Oleh karena itu, Kombes Pol Valentino mengajak semua pihak agar tetap melestarikan tali persaudaraan, toleransi dan merawat kebhinekaan Kota Medan yang beragam dan majemuk.

"Kota Medan yang majemuk merupakan miniatur Indonesia yang harus kita jaga agar tetap aman, nyaman dan kondusif," pungkasnya.

Kapolrestabes Medan mengatakan pihaknya juga terus menjaga kondusifitas di Kota Medan sekitarnya dari berbagai macam gangguan Kamtibmas mulai dari aksi kejahatan jalanan, geng motor, tawuran dan sebagainya, dengan meningkatkan patroli mulai dari pagi, siang, sore dan malam hari.

Diketahui rumah Tjong A Fie adalah rumah dua lantai di Jalan Ahmad Yani di Kesawan, Medan, Sumatra Utara, yang dibangun oleh Tjong A Fie (1860–1921), pedagang Hakka yang memiliki banyak tanah perkebunan di Medan. 

Namun, sejak tahun 2009 sebagian rumah ini dibuka untuk dikunjungi umum. Rumah ini selesai dibangun tahun 1900 dan dirancang dengan gaya arsitektur Tionghoa, Eropa, Melayu dan art-deco dan menjadi objek wisata bersejarah di Medan.(JL/RED)

Komentar Anda

Berita Terkini