Kapolrestabes Medan Lepas Konvoi Pasukan Pengamanan Ops Lilin Toba 2022

author photo

Kapolrestabeses Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda SH, SIK saat melepas konvoi pasukan gabungan pengamanan Ops Lilin Toba 2022 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023, Kamis (22/12/2022). 

MEDAN l Kapolrestabeses Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda SH, SIK melepas konvoi pasukan gabungan pengamanan Ops Lilin Toba 2022 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023, Kamis (22/12/2022). 

Sebelum pelepasan konvoi pasukan gabungan, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Tatareda memimpin apel yang diikuti personel Denpom 1/5 Medan, Sat Samapta, Reskrim, Intel, personel gabungan Polsek, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa Kodim 0201/Medan, PMI Medan, Dinkes Medan, Dinas Pemadam Kebakaran, Ormas PP Medan, IPK Medan, AMPl Medan, BKPP Polri, Pramuka Shaka Bhayangkara, Basarnas, BPBD, Sat Pol PP dan Dishub. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Wali Kota Medan (diwakili) serta sejumlah kepala dinas jajaran Pemko Medan yang terlibat dalam Ops Lilin Toba 2022. 

Dalam apel tersebut, Kapolrestabes Medan membacakan amanat Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam rangka pengamanan Ops Lilin Toba 2022. 

"Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana. Dengan demikian, diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi, sehingga perayaan Natal 2022 serta Tahun Baru 2023 (Nataru) mampu berjalan dengan kondusif," ujar Kombes Pol Valentino membacakan amanat Kapolri. 

Sambungnya lagi, seperti diketahui bersama bahwa laju pertumbuhan Covid-19 di Indonesia sudah terkendali, sehingga pemerintah memberikan pelonggaran berbagai aktivitas masyarakat termasuk Nataru dengan menetapkan seluruh wilayah berada pada PPKM Level 1.

Momentum Nataru selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia di setiap penghujung tahun dengan melaksanakan berbagai kegiatan, sehingga tentunya berimplikasi meningkatnya mobilitas masyarakat. 

"Hal tersebut sebagaimana hasil terhadap survei dari Kemenhub, bahwa diperkirakan akan ada 44,17 juta orang melakukan pergerakan pada Nataru tahun ini," ucap Kapolrestabes Medan. 

Oleh sebab itu, kata dia, Polri dengan dukungan TNI, pemerintah daerah, mitra Kamtibmas serta stakeholder terkait Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2022 selama 11 hari, mulai 23 Desember 2022 sampai dengan 2 Januari 2023, serta dilanjutkan dengan KRYD mulai 3 Januari sampai dengan 9 Januari 2023.

"Operasi Lilin 2022 terdiri dari total 166.322 personel gabungan yang ditempatkan pada 1.845 pos pengamanan, 695 pos pelayanan dan 89 pos terpadu, guna mengamankan 52.636 objek pengamanan. Hal tersebut tentunya dipersiapkan dalam rangka mengamankan kegiatan Nataru agar masyarakat merasa nyaman dan aman sebagaimana perintah dari Presiden Jokowi," ungkapnya. 

Singkatnya, Kapolrestabes Medan berpesan jadikan pengamanan Nataru sebagai satu kebanggaan. Oleh karena itu, laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, profesional, humanis dan pahami tugas maupun fungsinya masing-masing sesuai rencana operasi dengan mengedepankan langkah prediktif serta deteksi dini.

"Saya juga berpesan agar rekan-rekan senantiasa terus meningkatkan menjaga kesehatan dan keimanan, serta ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah. Terakhir, sebelum menutup amanat saya ingin mengucapkan Selamat Natal 2022 dan Tahun Baru 2023," tutupnya.( JL)


Komentar Anda

Berita Terkini