Lapor Pak Kapoldasu..!! Sungai Seruai Pantai Kasan Sibirubiru di Obrak - Abrik oleh Pengusaha Tambang Ilegal

author photo
Tambang Ilegal di Sungai Seruai ( pantai kasan) Desa Namosuru, Kecamatan Sibirubiru, Kabupaten Deliserdang yang merusak Ekosistem sungai.

DELISERDANG | Penambang Ilegal ( Galian C) yang beraktifitas di Sungai Seruai ( Pantai Kasan) Desa Namosuru Baru, Kecamatan Sibirubiru, Kabupaten Deliserdang rusak Ekosistem sungai. Pasalnya, para penambang tersebut melakukan pengorekan di dalam alur sungai hingga menyebabkan Dasar Alur sungai ( DAS) itu menjadi hancur.

Pantauan wartawan dilokasi, Jumat (10/2/2023, terlihat satu unit alat berat Exkavator sedang melakukan pengorekan di dalam alur sungai seruai dan juga terlihat beberapa mobil doum truk sedang stanbay dilokasi menunggu muatan material dari exkavator tersebut.

Dan tak berselang lama kemudian, terlihat muncul tangan Exkavator dari alur sunga penuh dengan material pasir, lalu material itu di masukkan ke dalam mobil doum truk tersebut 


Menurut keterangan warga setempat yang berhasil di wawancarai wartawan menjelaskan, kalau tambang ilegal di desanya itu sudah lama beroperasi.
" Beroperasinya sudah sangat lama bang, mungkin udah ada 10 tahunan. Dan kalau masalah soal izin-nya saya kurang tau bang, menurut saya kalau tidak ada izin-nya mana berani mereka buka usaha ilegal. Intinya sudah lama beroperasi tetap saja aman dan mulus-mulus saja kok," kata narasumber yang minta identitasnya dirahasiakan.

Dan ada juga narasumber lain menyebutkan, kalau material pasir yang diambil dari Sungai Seruai ( pantai kasan) Sibirubiru itu di jual kepada pihak kontraktor pembangunan Proyek Nasional Bendungan Lau Semeimei.

" Kabar-kabarnya pasir itu dibawa ke proyek bendungan bang," terangnya sambari mengatakan akibat tambang ilegal itu menyebabkan lokasi pariwisata permandian pantai kasan di desanya itu menjadi sepi pengunjungnya. 

Terkait karna itu, Kasat Reskrim Polresta Deliserdang, Kompol I Kadek H  Cahyadi saat dikonfirmasi Minggu, (12/2/2023) sekira pukul 08.30 Wib mengatakan, pihaknya bersama pihak terkait lainya akan segera melakukan penyelidikan.

Selamat pagi bang… kami akan lakukan penyelidikan bang… dan bekerjasama dengan pihak terkait. Terima Kasih," jelas Kasat Reskrim Polresta Deliserdang.( Red)

Komentar Anda

Berita Terkini