Wong Chun Sen : Saya Sebagai Ketua Gemabudhi Sumut Mengutuk Keras Penembakan di Masjid Selandia Baru.

author photo


Publisistik : A.1.Red
Editor : Amsari/Redaksi

Medan,Moltoday.com  Ketua Generasi Muda Buddhis Indonesia (Gemabudhi) Sumatera Utara Drs Wong Chun Sen Tarigan M.Pd.B, mengutuk keras penembakan di Masjid Al Noor, Christchurch, Selandia Baru,yang terjadi pada Jumat (15/3) .

BACA JUGA : Barisan Pelopor Indonesia Kutuk Penembakan di Masjid Selandia Baru dan Diharapkan Kepolisian Australia Segera Tangani Insiden Ini.

Wong menilai, penembakan tersebut sangat terorganisir dan tidak dilakukan sendiri, menurut kabar yang disampaikan lewat media elektronik ada lebih dari 3 orang pelaku penembakan di Masjid tersebut . Kalau memang ini dilakukan lebih dari 3 orang, berarti ini salah satu upaya yang sangat terorganisir dan sudah direncanakan dengan baik. Pelakunya juga membawa kamera sendiri dan melakukan live streaming, ujarnya saat di konfirmasi wartawan melalui telepon seluler, Jum'at (15/3).

“Dari beberapa video yang beredar ke group WA atau media sosial lainnya memperlihatkan, bagaimana pelaku melakukan penembakan di dalam masjid dan di luar masjid. Selain mengutuk keras tindakan ini, kita juga mendoakan korban dan keluarga korban agar tabah menerima cobaan ini” kata Wong Chun Sen yang juga Anggota DPRD Kota Medan.

Wong Chun Sen yang sudah pernah ke Selandia Baru menyampaikan bahwa selama ini Selandia Baru dikenal sebagai salah satu negara yang aman untuk dikunjungi para wisatawan.

“Dari hasil interaksi kita dengan pemerintah  maupun kepada masyarakatnya, di sana tidak ada unsur-unsur diskriminatif, warga masyarakat disana juga dikenal sangat menghargai keberagaman dan menjunjung tinggi perbedaan,” terangnya

Berdasarkan keterangan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, kata Wong ada 6 warga negara Indonesia yang pada saat kejadian sedang berada di masjid, dari 6 orang ini, 3 orang sudah bisa dihubungi dan 3 lainnya masih dalam pencarian.

“Semoga dengan kejadian ini, WNI di Selandia Baru agar lebih berhati-hati ketika berada di luar ruangan atau sedang berada dimana pun,” harapnya

Wong menjelaskan, pelaku penembakan sudah ada yang tertangkap. Semoga semua pelaku bisa ditangkap dan diganjar hukuman berat. Aparat kepolisian dan pemerintah Selandia Baru perlu melakukan penelitian lebih lanjut apakah kelompok atau pelaku penembakan ini masih memiliki jaringan yang dikemudian hari bisa lebih membahayakan.
Komentar Anda

Berita Terkini