10 Orang Anggota DPRD Interplasi Walikota Medan

author photo
Published : A-1.Red
Editor        : Amsari,Redaksi

MEDAN |Moltoday.com - Akhir - akhir ini usulan interplasi terhadap Walikota Medan semakin nyaring ke permukaan. Selain Ketua DPRD Kota Medan Henri Jhon Hutagalung, anggota DPRD Medan yang juga mantan Ketua Fraksi PPP Abdul Rani juga mendukung interplasi.

BACA JUGA : Di Hari Jadi Kota Medan Ketua DPRD Minta Walikota Tingkatkan Pelayanan Publik.

Hal itu, katanya, agar eksekutif tidak ‘sepele’ dengan legislatif dan masyarakat. Karena, ungkap Rani, sudah berapa kali Dinas Kesehatan dipanggil Komisi II membicarakan persoalan kepentingan masyarakat, tapi Kepala Dinasnya tidak pernah hadir. Dan Rani menyarankan kepada pengusul interplasi agar benar-benar melaksanakan hak anggota dewan tersebut.

Interplasi harus benar-benar digunakan untuk kepentingan masyarakat, jangan karena ada unsur politiknya. Diketahui 10 Anggota DPRD Medan sudah mengusulkan hak interplasi terhadap Walikota Medan dan surat sudah masuk ke meja Ketua dewan.

Meski hanya 10 orang menandatangani, tapi banyak yang mendukung dengan harapan hak interplasi itu terlaksana. Ketua Fraksi P Demokrat Herri Zulkarnain Hutajulu, mengatakan kepada wartawan, Selasa (2/6), dia mendukung interplasi karena untuk kepentingan masyarakat kurang mampu.

Menurut dia, interplasi itu bukan barang yang menakutkan, Walikota harus bersedia menjawab pertanyaan DPRD Medan. “Ini kan hak bertanya (interplasi), bukan hak angket, sehingga tidak ada yang perlu ditakutkan.

“Dewan siap mendengarkan apa argumentasi Walikota Medan, misalnya kenapa tidak mengucurkan dana untuk BPJS Kesehatan PBI. Padahal dananya sudah dianggarkan di APBD,” kata Heri. Namun, ungkapnya, kalau alasannya masuk akal dan kebijakannya sudah benar, maka tidak salah untuk didukung.

Misalnya, dana BPJS ditunda dulu karena ada yang lebih penting. “Tapi harus kita dengar dulu alasannya. Walikota Dzulmi Eldin jangan takut, karena interplasi bukan sesuatu yang mengerikan,” tandasnya.

Komentar Anda

Berita Terkini