Sosok dan Wejangan Brigjen Pol Drs Erwin Charara Rusmana SH.MH - Asisten Deputi Penanganan Konflik dan Keamanan Nasional Kemenko Polhukam RI

author photo


Published : Bernard
Editor : Bern,Redaksi

Jakarta |Moltoday.com – Menjadi perwira polisi itu tidak semudah membalik telapak tangan, melainkan dibutuhkan etos kerja keras serta keuletan di dalam menjalaninya. Hal ini lantaran Pengabdian Perwira Polri merupakan tugas yang diemban oleh seseorang untuk mengabdi pada bangsa dan negara. 

BACA JUGA : Mengenal Lebih Dekat Brigjen Pol Erwin C Rusmana

Demikian ungkap Brigadir Jendral Polisi Drs Erwin C. Rusmana .SH.MH kepada Wartawan, Minggu (29/09/2019). Menurutnya, menjadi Polisi bukan sekedar mengejar jabatan serta pangkat semata, melainkan polisi harus mampu merealisasikan moto serta visi misi Polri yakni, Melayani ,Mengayomi, dan Melindungi masyarakat. Itulah salah satu pokok penting menjadi Polisi Promoter

Dikatakan Brigjen Pol Erwin CR , bahwa tiga poin penting Motto Polri tersebut tidaklah cukup, ada beberapa motto lain yang perlu dilakukan untuk menyempurnakan tugas dan fungsi seseorang menjadi perwira Polri.

"Semenjak dilantiknya Tito Karnavian menjadi Kapolri yang melahirkan salah satu program penting yakni saat itu juga beliau mencetuskan Program "PROMOTER" (Profesional, Modern, dan Terpercaya), program ini penting sekali bagi setiap insan perwira Polri untuk dijalankan," terangnya.

Dikesempatan yang sama, jendral asli jawa barat yang murah senyum dan pandai bergaul dengan siapapun juga menyampaikan, bahwa setiap perwira Polri harus terus menjaga profesionalisme dalam menjalankan tugasnya. Bahkan semenjak dirinya dilantik oleh Jenderal Tito, ia terus memupuk tugasnya sebaik mungkin.

"Ya, semenjak dilantik beliau (Pak Kapolri), saya sudah mempersiapkan diri serta memiliki tekad kuat dalam melaksanakan reformasi birokrasi di internal Polri, dengan tujuan untuk meningkatkan profesionalisme penegakan hukum dan profesionalisme pelayanan publik," ungkapnya.


Sebagaimana diketahui, Brigjen Pol Erwin CR memang terkenal dengan loyalitas dan dedikasi kerjanya yang sangat tinggi. Bahkan karena loyalitas dan dedikasinya itu, hingga ia pun sempat dipercaya untuk memegang kendali Reserse Mobil (Resmob) sebagai Kasat Resmob Bareskrim Mabes Polri. Dan ia juga sempat pula menjabat sebagai PJ Kapolresta Barelang Kepri.


Dari pengalamannya itu, ia mengatakan bahwa dirinya sedikit banyak memahami berbagai persoalan yang ada di masyarakat termasuk maraknya peredaran narkoba. Bahkan ketika dirinya bertugas di Batam, banyak sekali bandar-bandar narkoba yang ditangkap. "Banyak sudah bandar narkoba di Batam dan Kepri yang disikat," tandasnya.

Komentar Anda

Berita Terkini